Pembelajaran Teater Dul Muluk Dengan Media Audio Visual Kelas X SMA Negeri 3 Penukal
DOI:
https://doi.org/10.31851/sitakara.v8i1.11169Abstract
Pembelajaran tatap muka terbatas suatu hal baru bagi dunia pendidikan saat ini, permasalahan yang terjadi tatap muka terbatas, guru mencari siasat agar pembelajaran menjadi efektif, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan secara deskripsi masalah Pembelajaran Teater Dul Muluk Dengan Media Audio Visual Di Kelas X SMA Negeri 3 Penukal. hasil dari tinjauan ini diharapkan dapat memberikan manfaat, khususnya: bagi pendidik, bagi sekolah, bagi siswa, dan bagi para ahli. Teknik pemeriksaan yang digunakan adalah strategi subjektif. Sumber informasi melalui saksi penelitian, buku, buku harian, pemeriksaan masa lalu, dan artikel web. Strategi pengumpulan informasi yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan prosedur teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik sebuah kesimpulan. Penelitian ini melacak kemungkinan lain dalam hal pembelajaran. Dimulai dari menggunakan Video Pembelajaran untuk menunjang proses pembelajaran Tatap Muka terbatas, melalui pendekatan pembelajaran, metode Pembelajaran dan kriteria keberhasilan. Setelah itu dapatlah hasil media pembelajaran dengan menggunakan media video, untuk pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas di SMA Negeri 3 Penukal. Merujuk dari hasil penelitian yang sudah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulkan bahwa Metode-metode digunakan dalam penulisan, merupakan cara untuk memudahkan dalam sebuah penelitian. bentuk pembelajaran dengan menggunakan salah satu media audio visual sangat memudahkan peneliti dalam menarik minat peserta didik pembelajaran seni budaya, siswa mudah menyerap setiap ilmu yang disampaikan oleh Guru sehingga dalam penerapannya para peserta didik dengan mudahnya meniru atau apresiasi lansung video Pembelajaran Teater Dul Muluk.
Kata kunci: Pembelajaran, Teater Dul Muluk, Media Audio Visual Pembelajaran
Downloads
References
Ahimsa-Putra, H. S. (2020). Bunga Rampai Kajian Seni Budaya Ragam Perspektif. Surabaya: Unesa University Press.
Amelia Maharani, n. y. (2021). PEMANFAATAN VIDEO CONFERENCE PADA PEMBELAJARAN SENI TARI KREASI SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. BESAUNG JURNAL SENI DESAIN DAN BUDAYA, 65- 66.
Arsyad, A. (2002). Media Pengajaran. Jakarta,: PT. Raja Gravindo Persada.
Ayuningrum, F. (2012). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK SISWA. YOGYAKARTA: JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK BOGA.
Balitbang, P. (2001). Kurikulum berbasis Kopetensi mata pelajaran Ilmu Sosial Sekolah dasar. Jakarta: Depdiknas.
Dhony, N. N. (2014). SURAKARTA: PROGRAM PASCASARJANA INSTITUT SENI INDONESIA (ISI).
Harahap, S. P. (1982). Ensiklopedi Pendidikan. Gunung Agung,: Jakarta, .
Hartono. (2005). Ilmu Budaya Dasar Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: PT. Preharlindo.
Hendrajatin, H. A., & Aryani, R. (2021). Buku Panduan Guru Seni Tari Untuk SMA/SMK Kelas X. Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan.
Itiarani. (2019). Penggunaan Video Dari Youtube Sebagai Media Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung. LAMPUNG: FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.
Jaeni. (2019). TEATER SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PENDIDIKAN. Jurnal Aspikom, 1125.
Kurnia, S. I. (2021). Penggunaan Video Pembelajaran Melalui Media Sosial Youtube di Masa Pandemi Pada Siswa Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ittihad Kota Jambi. JAMBI: PRODI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH.
Kustandi, C. (2013). Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Laksana, R. B. (2017). Pengetahuan Dasar Kesenian. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Liza Anzalina, Muhsin Ilhaq

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Sitakara Jurnal oleh http://univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/sitakara dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .