PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER MUSIK ANSAMBEL DI SMP MUHAMMADIYAH AHMAD DAHLAN KOTA METRO
DOI:
https://doi.org/10.31851/9bemry23Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan: Proses Pembelajaran Musik Ansambel dalam kegiatan Ekstrakurikuler Dengan Menggunakan alat musik Gitar, Biola dan Cajon . Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Data-data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: Pertama, penerapan pembelajaran dengan alat musik gitar, biola dan cajon sangat efektif digunakan pada saat pembelajaran musik ansambel karena terciptanya interaksi yang baik antar sesama peserta didik dengan rekan-rekan lainnya terutama pada saat proses pelatihan. Kedua, peserta didik mampu meningkatkan hasil pembelajaran musik ansambel lebih baik lagi disetiap minggunya karena progres yang didapat telah sesuai degan apa yang diharapkan. Adapun materi ajar yang diberikan kepada para peserta didik adalah lagu Lampung yakni Sebik Dilom Hati, yang mana lagu tersebut juga dipersiapkan untuk kegiatan FLS3N 2025 cabang lomba Musik ansambel.
KataKunci: Pembelajaran Ekstrakurikuler, Musik Ansambel
Downloads
References
Adiarto, 1996, Kerajinan Tangan dan Kesenian, Semarang : Adiswara.
Basuki, A. Yudana. (1996). Kerajinan Tangan dan Kesenian Seni Musik. Surakarta: Cahaya Ilmu.
Lexy. J. Moleong. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Posdayakarya.
Sugiyanto dkk, 2004, Ansambel jilid I, Jakarta: Elangga
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hendra Permana, Deria Sepdwiko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Sitakara Jurnal oleh http://univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/sitakara dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .