PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER MUSIK ANSAMBEL DI SMP MUHAMMADIYAH AHMAD DAHLAN KOTA METRO

Authors

  • Hendra Permana Prodi Pendidikan Seni Pertujukan, STKIP Rosalia Lampung, Indonesia
  • Deria Sepdwiko Prodi Seni Pertujukan, Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31851/9bemry23

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan: Proses Pembelajaran Musik Ansambel dalam kegiatan Ekstrakurikuler Dengan Menggunakan alat musik Gitar, Biola dan Cajon . Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Data-data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: Pertama, penerapan pembelajaran dengan alat musik gitar, biola dan cajon sangat efektif digunakan pada saat pembelajaran musik ansambel karena terciptanya interaksi yang baik antar sesama peserta didik dengan rekan-rekan lainnya terutama pada saat proses pelatihan. Kedua, peserta didik mampu meningkatkan hasil pembelajaran musik ansambel lebih baik lagi disetiap minggunya karena progres yang didapat telah sesuai degan apa yang diharapkan. Adapun materi ajar yang diberikan kepada para peserta didik adalah lagu Lampung yakni Sebik Dilom Hati, yang mana lagu tersebut juga dipersiapkan untuk kegiatan FLS3N 2025 cabang lomba Musik ansambel.  

KataKunci: Pembelajaran Ekstrakurikuler, Musik Ansambel

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiarto, 1996, Kerajinan Tangan dan Kesenian, Semarang : Adiswara.

Basuki, A. Yudana. (1996). Kerajinan Tangan dan Kesenian Seni Musik. Surakarta: Cahaya Ilmu.

Lexy. J. Moleong. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Posdayakarya.

Sugiyanto dkk, 2004, Ansambel jilid I, Jakarta: Elangga

Downloads

Published

2025-08-15

How to Cite

PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER MUSIK ANSAMBEL DI SMP MUHAMMADIYAH AHMAD DAHLAN KOTA METRO. (2025). Jurnal Sitakara, 10(2), 220-231. https://doi.org/10.31851/9bemry23