KONSEP DAN BENTUK MENGGAMBAR ILUSTRASI LOMBA FLS3N JENJANG SMP TINGKAT NASIONAL KOTA METRO
DOI:
https://doi.org/10.31851/3n5kwf17Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan.1) ingin mengetahui konsep karya gambar ilustrasi lomba FLS3N jenjang SMP tingkat Nasional Kota Metro, 2) ingin mengetahui bentuk gambar ilustrasi lomba FLS3N jenjang SMP tingkat Nasional Kota Metro. Teori yang digunakan ilustrasi, dan prinsip desain visual. Metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian peserta lomba FLS3N jenjang SMP, objek penelitian karya gambar ilustrasi peserta FLS3N jenjang SMP.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode Kepustakaan, interview atau wawancara, pengamatan atau observasi dan dokumentasi, Keabsahan data ada empat tehnik yaitu derajat kepercayaan keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Teknik analisis data: menghimpun data, mereduksi data, mengklasifikasi data, menarik Kesimpulan dan menyusun laporan. Hasil penelitian lomba ilustrasi FLS3N jenjang SMP tingkat Nasional Kota Metro beberapa peserta lomba FLS3N tidak mengikuti aturan juknis lomba. Dari 15 peserta lomba FLS3N, bentuk ilustrasi karya peserta lomba lebih banyak jenis ilustrasi grafis ada 8 peserta, bentuk ilustrasi cerita bergambar berjumlah 6 peserta sedangkan bentuk ilustrasi komik paling sedikit ada 1 peserta lomba.
Kata Kunci: Konsep Gambar; Bentuk lustrasi; Komik.
Downloads
References
Adjar Pamadhi, Kuswarsantyo, dkk. (2021). PDGK4207 – Pendidikan Seni di SD (Edisi2)Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Arif Fiyanto. (2023). Penciptaan Ilustrasi Cerita Rakyat Medang Kamulan Dengan Teknik Digital. Jurna Pendidikan Seni Universitas Semarang, 12 (3) 43-52.
Deddy Mulyana. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fitrah Ulfah. (2020). Kemampuan Menggambar Ilustrasi Peserta Didik Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Guppi Buntu Barana. Artikel Hasil Penelitian. Program Studi Pendidikan Seni Rupa Jurusan Seni Rupa Dan Desain Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar.
Jhon Febri Siahaan dan Azmi .(2022). Analisis Karya Gambar Ilustrasi Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Berastagi Ditinjau Dari Unsur-Unsur Seni Rupa. Jurnal Bahas, 33 (1) 49-58.
Joneta Witabora. (2012). Peran Dan Perkembangan Ilustrasi. Jurnal Humaniora 3(2), 659-667.
Moleong J. Lexy, (2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Nuraini Sukoningrum Tamam, dkk (2025). Panduan Teknis Pelaksanaan Festival Lomba Seni dan Sastra Siswa Nasional (FLS3N) SMP/MTs/Sederajat. Balai Pengembangan Talenta Indonesia Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nyoman Weda Astawan, Apriyani Apriyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Sitakara Jurnal oleh http://univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/sitakara dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .