INOVASI DALAM PENGAMBILAN GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK VIDEO PROMOSI UNIVERSITAS BINADARMA PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31851/j858gs44Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi inovasi dalam teknik pengambilan gambar yang digunakan dalam video promosi Universitas Binadarma Palembang guna meningkatkan daya tarik visual dan efektivitas penyampaian pesan institusional. Masalah difokuskan pada keterbatasan pendekatan visual dalam video promosi konvensional yang cenderung monoton dan kurang menggugah minat calon mahasiswa. Guna mendekati masalah ini dipergunakan acuan teori dari pemasaran visual, sinematografi digital, storytelling, serta multimodalitas komunikasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif yang didukung oleh survei persepsi audiens, observasi visual, dan studi dokumentasi. Data-data dikumpulkan melalui respon penonton pada video promosi Universitas Binadarma Palemabng yang di upload melalui youtube yang dianalisis secara kualitatif. Kajian ini menyimpulkan bahwa penerapan teknik sinematografi modern seperti penggunaan drone, stabilizer, pencahayaan dinamis, serta narasi visual berbasis storytelling, mampu meningkatkan daya tarik video promosi secara signifikan. Hasil survei menunjukkan bahwa 85% responden merasa lebih terhubung secara emosional dan termotivasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang universitas setelah menonton video yang telah mengalami inovasi visual. Penelitian ini menegaskan bahwa inovasi dalam pengambilan gambar tidak hanya meningkatkan kualitas estetis video, tetapi juga memperkuat efektivitas komunikasi visual dalam konteks pemasaran pendidikan tinggi di era digital.
Kata Kunci: Inovasi visual, Pengambilan gambar, Video promosi, Pemasaran pendidikan tinggi, Komunikasi visual.
Downloads
References
Akbar, T. M. A., & Munandar, A. (2019). Perancangan Video Profil Prodi S-1 Teknik Informatika Universitas Ubudiyah Indonesia Sebagai Media Informasi Dan Promosi Berbasis Visual Effect. Journal of Informatics and Computer Science, 4(2), 57. https://doi.org/10.33143/jics.vol4.iss1.531
Ariestiningsih, E. S., Has, D. F. S., Kurniawan, G. A., Putri, F. W., Ristiawati, R., Nariswari, N. F., & Fauzana, A. (2022). Implementasi Program “Senar Kuat” Sebagai Model Upaya Cegah Stunting Melalui Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Dahanrejo Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 5(8), 2639–2657. https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i8.7188
Aripradono, H. W. (2020). Penerapan Komunikasi Digital Storytelling Pada Media Sosial Instagram. Teknika, 9(2), 121–128. https://doi.org/10.34148/teknika.v9i2.298
Bock, M. A., Richardson, R., Assaf, C. T., & Tsyrenzhapova, D. (2023). Improvisation, Economy, and MTV Moves: Online News and Video Production Style. Electronic News, 17(3), 146–163. https://doi.org/10.1177/19312431231157104
Crestiani, N. (2023). Perancangan Video Promosi Pantai Parang Semar Sebagai Tempat Wisata Keluarga. Sainsbertek Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi, 3(2), 93–108. https://doi.org/10.33479/sb.v3i2.222
Desrianti, D. I., Mardiana, & Ayuningsih, S. (2023). Video Sebagai Media Promosi Taman Santap Rumah Kayu Serpong Kota Tangerang. Mavib Journal, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.33050/mavib.v4i1.1790
Dewi, Y., Nugroho, D. P., & Rahmadianto, S. A. (2022). Perancangan Media Promosi Berbasis Videografi Untuk Lugo Coffee Di Tulungagung. Sainsbertek Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi, 3(1), 136–151. https://doi.org/10.33479/sb.v3i1.201
Hairani, H., Susilowati, D., Lestari, I. P., Marzuki, K., & Mardedi, L. Z. A. (2022). Segmentasi Lokasi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru Menggunakan Metode RFM Dan K-Means Clustering. Matrik Jurnal Manajemen Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 21(2), 275–282. https://doi.org/10.30812/matrik.v21i2.1542
Jannah, R., Putri, B. G. Y., Samsudin, S., Rahman, Y. A., & Nuriadi, N. (2021). Promosi Dan Pemasaran Dalam Pengembangan Taman Wisata Edukasi Jabal Rahmah Desa Jango Kecamatan Janapria. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan Ipa, 4(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i1.558
Jatmika, R. T. D. (2023). Pengaruh Digital Marketing Marketplace Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Universitas Suryakancana Cianjur. Jurnal Administrasi Bisnis (Jubis), 3(2), 90. https://doi.org/10.35194/jubis.v3i2.3805
Leonita, E., & Jalinus, N. (2018). Peran Media Sosial Dalam Upaya Promosi Kesehatan: Tinjauan Literatur. Invotek Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(2), 25–34. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i2.261
Maesyaroh, S., Albatsi, I. S., & Erawan, W. (2018). PENGARUH JARAK TANAM DAN VARIETAS TERHADAP KERAGAMAN SERANGGA SERTA HASIL PADA TANAMAN PADI (Oryza Sativa L.). Jagros Jurnal Agroteknologi Dan Sains (Journal of Agrotechnology Science), 2(2), 99. https://doi.org/10.52434/jagros.v2i2.438
Munawar, A. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Membaca Al-Qur’an Di SMA Negeri 2 Dompu. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (Jppi), 3(2), 145–161. https://doi.org/10.53299/jppi.v3i2.328
Nurzaman, T., Sholihah, R., & Djuyandi, Y. (2023). Krisis &Amp; Aktor Populis: Fase Awal Krisis Pandemi Covid-19 Di Provinsi DKI Jakarta. Ijd-Demos, 5(2). https://doi.org/10.37950/ijd.v5i2.442
Pandusaputri, N. A., Hendrawan, J., & Mokodompit, R. B. R. (2024). Stereotip Terhadap Peran Laki-Laki Sebagai Juru Masak (Studi Komunikasi Gender). Syntax Literate Jurnal Ilmiah Indonesia, 9(6), 3686–3694. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v9i6.16222
Sunarya, P. A., Supriati, R., & Fadyla, R. A. (2022). Media Video Sebagai Sarana Promosi Pada Kasaya Equestrian Kabupaten Tangerang. Mavib Journal, 3(2), 192–204. https://doi.org/10.33050/mavib.v3i2.2102
Tresnawati, Y., & Prasetyo, K. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Bisnis Kuliner. JNMC, 1(1), 43–57. https://doi.org/10.55985/jnmc.v1i1.5
Zaman, N., Octo, C. W., Dhora, S. T., Yuliaty, F., & Prasetyo, I. A. (2022). Manajemen SDM Perangkat Desa Dan Dampaknya Terhadap Pertumbuhan Umkm Di Indonesia. Komitmen Jurnal Ilmiah Manajemen, 3(2), 107–115. https://doi.org/10.15575/jim.v3i2.22728
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dimas Umboro Sumbar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Sitakara Jurnal oleh http://univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/sitakara dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .