PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN TARI SIGEH PENGUTEN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 31 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31851/sitakara.v3i2.2339Abstract
ABSTRAKÂ
Permasalahan  dalam  penelitian  ini  adalah  apakah  penggunaan  metode  demonstrasi  denganmedia  audio  visual  memberikan pengaruh terhadap pembelajaran tari Sigeh Penguten kepada siswa kelasVIII  SMP  Negeri  31  Palembang. Tujuan  penelitian ini adalah untuk mengetahui  pengaruh penggunaan metode demonstrasi dengan media audio visual terhadap pembelajaran tari Sigeh Penguten kepada siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Palembang. Populasi   dalam  penelitian  ini   adalah  seluruh  siswa  kelas   VIII   di   SMP Negeri  31 Palembang.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 yan g berjumlah  31 orang  siswa  SMP  Negeri  31Palembang.  Hipotesis   dalam  penelitian  ini  adalah  ada  pengaruh penggunaan  metode  demonstrasi dengan media audio visual terhadap pembelajaran tari Sigeh Penguten kepada siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Palembang. Metode yang digunakan adalah eksperimen. Pada pengumpulan data menggunakan tes kerja. Teknik analisis data berbentuk deskriptif kuantitatifmenghitung dengan statistik. Teknik analisis data adalah tes unjuk kerja dilakukan oleh peneliti untuk mengetahui hasil belajar siswa, kemudian hasil tes unjuk kerja akan dianalisis oleh peneliti guna mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan metode demonstrasi dengan media audio visual terhadap pembelajaran tari Sigeh Penguten terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Palembang
Â
Kata Kunci: Pengaruh, Demonstrasi, Audio Visual, Sigeh Penguten
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2010 Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
________________. 2012 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Bahari, Nooryan. 2008. Kritik Seni Wacana, Apresiasi dan Kreasi. Yogyakarta : Pustaka
Pelajar
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan, 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan . Bandung: Alfabeta.
Tim Penyusun. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Baru. Jakarta: PT. Mediapustaka Phoenik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Sitakara Jurnal oleh http://univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/sitakara dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .