PENGARUH MUSIK ANSAMBEL TERHADAP KECERDASAN EMOSI REMAJA
DOI:
https://doi.org/10.31851/sitakara.v5i1.3527Abstract
Abstrak:
Â
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kecerdasan emosi remaja dengan bermain musik secara Bersama atau ansambel di SMPN 1 Palembang. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sampel dalam penelitian ini siswa SMPN 1 Palembang berjumlah 20 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, pengambilan data secara kualitatif. Indikator keberhasilan adalah sebagai berikut: meningkatnya kecerdasan interpersonal anak apabila telah mencapai (75%)  atau berkembang sangat baik. Dari analisis data penelitian siklus I diperoleh hasil yaitu  (41,55 %) atau mulai berkembang, siklus II diperoleh hasil yaitu (59,55%) atau berkembang sesuai harapan, dan siklus III diperoleh hasil yaitu (80,95%) atau berkembang sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyimpulkan bahwa dengan bermain musik secara Bersama dapat meningkatkan kecerdasan emosi.
Â
Kata Kunci: Kecerdasan emosi, Bermain Musik Ansambel
Â
Downloads
References
Akib, Zainal dan Diniati, Eko., (2011), Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru, SD, SLB, TK, Bandung: CV, Yrama Widia.
Banoe,Pono, 2003. Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius.
DeHart,G,B., Sroufe,L,A & Cooper,R,G.,2004. Child Development: its Nature and Course (fifth ed).New York: MC. Graw Hill.
Gardner, Howard.2006.Changing Minds. Jakarta: PT.Transmedia.
Hurlock, B Elizabet, 1978, Child Development, Jakarta: Erlangga.
__________________, 1980, Perkembangan Anak, Jakarta: Erlangga.
Prier, Edmund-Karl.1996.Ilmu Bentuk Musik.Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.
Stein. Leon.1979. Structure & Style The Study and Analysis of Musical Form. USA: Summy-Bichard Music.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Sitakara Jurnal oleh http://univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/sitakara dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .