MEMBACA NOTASI BALOK PADA LAGU APUSE DALAM PERSPEKTIF PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.31851/sitakara.v7i1.7467Keywords:
Pembelajaran, Notasi Balok, lagu ApuseAbstract
Penenlitian ini adalah penelitian deskriptif tentang proses Pelaksanaan Pembelajaran Notasi Balok. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengungkap bagaimana proses pembelajaran membaca notasi balik Pada Lagu Apuse. Selanjutnya metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data dilakaukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis secara cermat dengan memperhatikan, memeriksa, mempelajari, membandingkan data yang ada. Adapun hasil dari penelitian ini adalah uraian tentang perencanaan pembelajaran membaca notasi balok, pelaksanaan pembelajaran yang meliputi langkah-langkah dan metode pembelajaran serta penyajian materi pembelajaran membaca notasi balok, dan evaluasi pembelajaran berupa tes praktik membaca notasi balok. Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapat hasil bahwa pelaksanaan pembelajaran membaca notasi balok lagu Apuse pada siswa berjalan dengan baik, dengan nilai mahasiswa diatas KKM.Downloads
References
Almansyur, M. D. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Malang: Ar-Ruz Media.
Arikunto, S. (2014). Prosuder Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Banoe, P. (2003). Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius.
Hamalik, O. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Juarsih, D. &. (2014). Teori Belajar dan Prinsip-Prinsip Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Moleong. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mudjiono, D. d. (2015). Belajar dan Pembelajaran . Jakarta: Rineka Cipta.
Siswanto&Firmansyah. (2018). Pemahaman Metrik dalam Membaca Notasi Balok. Besaung Jurnal Seni Desain dan Budaya, 115-124.
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya
Sagala, Syaiful, 2014. Konsep dan Model Pembelajaran. Bandung Alfabeta
Sudjana, Nana. 2017. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensind
Sudjana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif. Jakarta: Kencana
Downloads
Published
Issue
Section
License
Sitakara Jurnal oleh http://univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/sitakara dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .