PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MICROSOFT SWAY MUPEL SENI RUPA MATERI MENGGAMBAR ILUSTRASI DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31851/sitakara.v7i1.7468Keywords:
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsoft SwayAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan media yang tepat guna membantu siswa mencapai kompetensi.Masalah difokuskan pada proses pembelajaran muatan pelajaran seni rupa  topik menggambar ilustrasi. Guna mendekati masalah ini dipergunakan acuan teori dari buku dan berbagai jurnal terkait dengan penelitian ini.Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi eksperimental.Data-data dikumpulkan melalui observasi dan angket serta dianalisis menggunakan deskriptif presentase. Microsoft Sway ialah aplikasi yang berfungsi untuk menciptakan serta berbagi presentasi dengan mudah, yang mana sistem kerjanya simpel dengan memperbanyak konten multimedia dari segala website hanya dengan drag and drop. Melalui Sway, maka guru bisa menghasilkan konten yang interaktif, menyematkan video, gambar yang relevan, interaktif. Dalam proses pembelajaran, guru dapat mengaplikasikannya sebagai tolak ukur terhadap penjelasan materi guna meningkatkan pemahaman peserta didik ( Bahar dalam konten interaktif,2019). Kajian ini menyimpulkan bahwa Media pembelajaran berbasis sway layak digunakan karena mampu meningkatkan motivasi belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa belajar ke arah kemajuan.Downloads
References
Bahar,Ayunara.2019.Membuat Konten Interaktif Pembelajaran dengan Microsoft Sway.Diakses dari https://www.ahzaa.net/2019/04/membuat-konten-interaktif-pembelajaran.html
Edukasi.com.2020. Penggunaan Sway Sebagai Media. Diakses dari https://www.edukasiku.com/2021/02/penggunaan-sway-sebagai-media.html
Jefriani,Lely.2020. Meningkatkan hasil belajar siswa.diakses dari https://www.liputanntb.id/2020/10/meningkatkan-hasil-belajar-siswa.html
Safriani,Malia.2021. Budaya Belajar Mandiri Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Microsoft Sway. Diakses dari https://kubutambahan.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/21-budaya-belajar-mandiri-melalui-pemanfaatan-media-pembelajaran-microsoft-sway
Saleh,Heru.2015.Seni Rupa.Solo : CV.Putra Kertonatan
Savitri,Farikha Ana & Deni Setiawan(.2018).Kependidikan Dasar : Pengembangan Buku Menggambar Ilustrasi.Jurnal kreatif 9 (1),58-63
Sudarmoyo.2018. Pemanfaatan Aplikasi Sway Untuk Media Pembelajaran.Diakses darihttps://ojs.iptpisurakarta.org/index.php/Edudikara/article/download/23/17
Pranantadkk.(2016). Pemanfaatan Digital Storytelling Sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Diakses dari http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_370619245863.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Sitakara Jurnal oleh http://univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/sitakara dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .