ANALISIS KEBUTUHAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK PADA PELESTARIAN TARI TANGGAI KOTA PALEMBANG SUMATERA SELATAN ERA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.31851/sitakara.v7i1.7473Keywords:
Pendidikan Tari, Nilai-Narakter Anak Pada Proses Pembelajaran Tari TanggaiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan proses pembelajaran tari Tanggai dalam nilai-nilai pendidikan karakter anak di sanggar puteri batang hari sembilan era pandemi covid-19. Fokus permasalahan pada kebutuhan nilai-nilai pendidikan karakter anak pada pelestarian tari Tanggai di Kota Palembang Sumatera Selatan Era Pandemi Covid-19. Metode penelitian yaitu metode penelitian kualitatif melalui pendekatan secara naratif dengan menggunakan strategi penelitian studi kasus terpancang. Kajian ini menyimpulkan bahwa kebutuhan kegiatan strategi dalam penanaman karakter pada pembelajaran tari Tanggai di Sanggar Puteri Batang Hari Sembilan Kota Palembang dilihat dari komponen-komponen tahapan pembelajarannya. Wujud dalam pelestariaan tari Tanggai dapat diteruskan melalui pembelajaran secara nonformal. Analisis kebutuhan dalam proses pembelajaran tari Tanggai memiliki nilai-nilai pendidikan yang tertuang di dalamnya yaitu nilai religi, nilai solidaritasa, nilai edukasi ketekunan, kejujuran, keteladanan dan cinta pada kesenian tradisi setempat yang menghadirkan sikap menjaga budaya tradisi terkhusus pada tari Tanggai.Downloads
References
Akhmad, F. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Konsep Pendidikan Muhammadiyah. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies), 8(2), 79–85. https://doi.org/10.26555/almisbah.v8i2.1991
Arianti, I. R., & Herlinah. (2020). Eksistensi Sanggar Semarak Candrakirana dalam Mengembangkan Seni Tari di Kota Surakarta. Jurnal Seni Tari, 9(2), 16–120.
Faradillah Desy dan Treny Hera. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Kerja Kelompok Terhadap Hasil Belajar Tari Tanggai Pada Siswa Kelas VIII Di Smp Negeri 33 Palembang. Sitakara, II, No 2, 43.
Hera. Treny. (2020). Fungsi Tari Tanggai. Geter, 3 Nomor 1, 66. https://journal.unesa.ac.id/index.php/geter/index
Hera, T. (n.d.). Fungsi Tari Tanggai Di Palembang.
Katungga, G. S., & Syahrial, S. (2019). Makna Gerak Tari Tanggai Di Kota Palembang Sumatera Selatan. Greget: Jurnal Pengetahuan Dan Penciptaan Tari, 18(1), 75–86. https://doi.org/10.33153/grt.v18i1.2644
Lestari, W. (2015). Internalisasi Pengajaran Seni Tari Pada Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama. Imaji, 7(2). https://doi.org/10.21831/imaji.v7i2.6637
Maestro, E. (2013). Pendidikan Karakter: Pendidikan Seni Berbasis Budaya Sebagai Sebuah Solusi. Proceeding of the International Seminar on Languages and Arts (ISLA-2), 176–181.
Ningsih, T. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Di Sekolah. Insania, 16, 235–254.
Ramdani, A. F., & Restian, A. (2020). Analisis Pembelajaran Tari Tradisional Dalam Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(2), 119–127. https://doi.org/10.17977/um009v29i22020p119
Rofifah, D. (2020). Analisis Kebutuhan. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.
Saputra, M. J., Taqwa, M. R., & Nomaini, F. (2016). Tari Tanggai dan Habitus Masyarakat Palembang. Journal Empirika, 3441, 83–100.
Setiyawan. (2013). Analisis Kebutuhan Pelatihan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Suryanti, D., & Sari, R. (2020). Pendidikan seni tradisi melalui sanggar: studi kasus pewarisan tari gending sriwijaya di sanggar puteri rambut selako kota palembang.
Triyanto. (2014). Pendidikan Seni Berbasis Budaya. Imajinasi: Jurnal Seni, VIII(1), 33–42. triyantoma57@gmail.com.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Sitakara Jurnal oleh http://univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/sitakara dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .