PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ILUSTRASI LINGKUNGAN SEKOLAH MENGGUNAKAN MEDIA PENSIL WARNA PADA KELAS X SMK NEGERI 1 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31851/sitakara.v2i1.867Abstract
Abstrak
Â
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pembelajaran menggambar ilustrasi lingkungan sekolah menggunakan media pensil warna pada kelas X SMK Negeri 1 Palembang. Pembelajaran merupakan segala upaya yang dilakukan oleh guru (pendidik) agar terjadi proses belajar pada diri murid. Gambar ilustrasi merupakan gambar yang berfungsi sebagai pelengkap cerita, karangan, atau naskah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pembelajaran menggambar ilustrasi lingkungan sekolah menggunakan media pensil warna pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Palembang.Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru seni budaya kelas X dan siswa kelas X.AP.3 dengan jumlah 27 orang yang terdiri dari 20 orang perempuan dan 7 orang laki-laki. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data observasi, teknik analisis data wawancara, teknik analisis data dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggambar ilustrasi lingkungan sekolah menggunakan media pensil warna pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Palembang berjalan dengan “baikâ€. Hal ini dapat dilihat dari nilai observasi guru seni budaya dengan jumlah nilai 27 pada interval 24-30. Sedangkan data nilai evaluasi siswa berdasarkan nilai tugas praktik menggambar ilustrasi lingkungan sekolah menggunakan media pensil warna memperoleh nilai tertinggi yaitu 15 siswa yang termasuk dalam kategori nilai “baikâ€, dan 12 siswa termasuk dalam kategori nilai “cukupâ€, dan rata-rata keseluruhan nilai evaluasi siswa tersebut adalah 24,25.
Â
Kata Kunci: Menggambar Ilustrasi, Media Pensil Warna
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Sitakara Jurnal oleh http://univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/sitakara dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .