Analisis Pemasaran Dan Profitabilitas Pedagang  Ikan Cupang   (Betta splendens) Di Kota Palembang

Authors

  • Yedi Wihardi Prodi Sosial Ekonomi Perikanan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Palembang
  • Dyah Paramitha Mentari Prodi Sosial Ekonomi Perikanan, Universitas PGRI Palembang
  • Leni Maryani Prodi Ilmu Kelautan, Universitas PGRI Palembang
  • Rico Rico Prodi Ilmu Perikanan, Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/vk9z2x50

Keywords:

Pemasaran, Profitabilitas, Ikan Cupang.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pemasaran dan profitabilitas pedagang ikan cupang (Betta splendens) di Kota Palembang. Dalam penelitian ini penulis melakukan penelitian pada 15 penjual ikan cupang di wilayah Kota Palembang. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian studi pendekatan deskriptif. Adapun pada penelitian ini objek penelitian adalah Pedagang Ikan Cupang di Kota Palembang. Dalam penelitian ini, subjek penelitian atau informan terdiri dari 15 orang pedagang ikan cupang di Kota Palembang. Sumber data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian kualitatif terdiri dari uji kredibilitas data, uji transferability, uji dependability, dan uji confirmability. Analisis data dalam penelitian ini , yaitu: data reduction data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini adalah strategi pemasaran yang digunakan pedagang ikan cupang di Kota Palembang sudah tepat. pedagang ikan cupang di Kota Palembang telah berhasil mengimplementasikan strategi yang komprehensif dan efektif dalam meningkatkan volume penjualannya.

 

The purpose of this study is to analyze the marketing and profitability of betta fish (Betta splendens) traders in Palembang City. In this study, the author conducted research on 15 betta fish sellers in the Palembang City area. The research method used is a qualitative method. This study falls under the category of descriptive approach research. The research object in this study is betta fish traders in Palembang City. The research subjects or informants consist of 15 betta fish traders in Palembang City. The data sources for this study are primary data and secondary data. Data collection techniques include observation, interviews, and documentation. The data validity tests in this qualitative research consist of credibility, transferability, dependability, and confirmability tests. The data analysis in this study includes data reduction, data display, and conclusion drawing/verification. The results of this study show that the marketing strategies used by betta fish traders in Palembang City are appropriate. Betta fish traders in Palembang City have successfully implemented comprehensive and effective strategies to increase their sales volume.

References

Diah, R. D., Nawawi, M. T. N. T., & Mukmin, T. M. M. M. (2021). Entrepreneurship: Strategi Pemasaran Dan Pengembangan Produk Usaha Rumah Batik Setu Di Tangerang Selatan. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.24912/jbmi.v3i2.9511

Farida, D. P., Gea, Elhan, N., & Mendrofa, R. N. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk di CV. Bintang Keramik Gunungsitoli. Jurnal EMBA, 10(4).

Hamdani, R., Permana, A., & Suryani, E. (2020). Analisis Rantai Nilai Komoditas Ikan Hias di Indonesia. Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan, 15(2), 145–160.

Hidayah, I., Ariefiantoro, T., Nugroho, & Sri, D. W. P. (2020). Analisis Strategi Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Pudanis di Kaliwungu). Solusi: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 3(2), 199–213.

Kotler, P. (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Makmur, & Saprijal. (2020). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada S-Mart Swalayan Pasir Pengaraian). Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 3(1).

Miles, B, M., Michael Huberman, A., & Saldana, J. (2014). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Moleong, L. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Musyawarah, I. Y., & Idayanti, D. I. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 11(1).

Nurdin, M., Wijayanto, H., & Setyawan, D. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Ikan Hias di Sumatera Selatan. Jurnal Perikanan Dan Kelautan, 25(3), 112–125.

Pratama, A. R., & Hendayana, R. (2022). Faktor-Faktor Penentu Profitabilitas Usaha Ikan Hias. Jurnal Agribisnis Indonesia, 10(1), 78–92.

Sari, D. P., & Ramadhan, S. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Pengembangan Usaha Ikan Hias. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital, 8(2), 201–215.

Siregar, H. P., & Samsudin. (2021). Trend Pasar Global Ikan Cupang: Peluang dan Tantangan. Jurnal Pemasaran Perikanan Indonesia, 16(4), 55–70.

Sugiyono, D. (2018). Metode penelitian kuatintatif , kualitatif dan R & D / Sugiyono. In Bandung: Alfabeta (Vol. 15).

Wibowo, E., Kurniawan, A., & Prasetyo, B. (2019). Pemetaan Sentra Perdagangan Ikan Hias di Sumatera Selatan. Jurnal Riset Akuakultur, 14(1), 33–47.

Zebua, & Jermawinsyah, A. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Shopie Paris BC. Yenni Kecamatan Muara Bulian. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 18(2).

Zevi, I. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Pada PT. Proderma Sukses Mandiri. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Downloads

Published

2025-07-26

How to Cite

Analisis Pemasaran Dan Profitabilitas Pedagang  Ikan Cupang   (Betta splendens) Di Kota Palembang. (2025). Jurnal Ilmu-Ilmu Perikanan Dan Budidaya Perairan, 20(1), 11-21. https://doi.org/10.31851/vk9z2x50